Waspada, Tawon Vespa Affinis yang Bunuh 7 Orang di Klaten Kini Muncul di Jakarta

Oleh Ati Johan   ยท   07 Jul 2019 12:16 WIB   

Tawon mematikan ditemukan di Jakarta. Tawon yang memiliki sengatan sangat berbahaya ini bernama Vespa affinis (V affinis). Pada tahun 2018 di Klaten, Jawa Tengah, dilaporkan bahwa 7 orang meninggal karena sengatan V affinis.

Sarang tawon V affinis ditemukan pada sebuah pohon di Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (1/7/2019). Begitu mendapatkan laporan, Petugas Suku Dinas (Sudin) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Jakarta Timur segera mengevakuasi sarang tawon tersebut.

Dilansir GridHot.ID dari Kompas.com, peneliti Biologi LIPI Rosichon Ubaidillah mengatakan bahwa tawon ini sangat berbahaya jika menyerang secara berkelompok. Apabila sengatan cukup banyak dan orangnya sensitif atau alergi dengan racun (venom) sengat, maka orang tersebut tidak akan lama bertahan hidup.

Tawon V affinis memiliki reputasi yang mengerikan karena perilaku kelompok yang agresif, jika yang menyengat manusia hanya satu atau dua ekor, sengatan V affinis tidak akan terlalu berbahaya. Masalahnya, dari sengatan pertama, satu tawon akan mengeluarkan feromon atau senyawa untuk merangsang teman-temannya ikut menyerang. Sengatan pertama itu bisa berubah jadi serangan koloni yang mematikan.