Viral Video Kolam Renang TNI AL Berombak Bak Tsunami, Ini Kata BMKG

Oleh Dhila   ยท   04 Okt 2018 07:00 WIB   

Beberapa waktu lalu, publik dikejutkandengan sebuah video kolam yang diambil di Puslatdiksamil TNI AL Juanda Surabayayang bergelombang. Air di kolam tersebut bergerak layaknya ombak besar dipantai, padahal tak seorang pun di sana.

Dalam rekaman itu pula, terdengarsejumlah orang yang bercakap dan menjelaskan jika ini adalah kejadian yangketiga kalinya. Video ini tak hanya mengejutkan anggota TNI AL di lokasitersebut, melainkan pengguna sosial media yang menyebutnya dampak dari gempa diPalu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Jumat (28/9/2018)

Diwartakan Tribun Jatim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)Jawa Timur justru menampik, jika gelombang tersebut dipicu dari gempa. Daripemeriksaan BMKG, tak ada sensor geofisika tretes yang mencatat sinyal gempa.

"Kejadian ombak di kolam renangtersebut bukan berasal dari kejadian kegempaan yang tercatat di wilayahSurabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya," tutur BMKG. Pihaknya pun menghimbaumasyarakat agar tak mudah terpengaruh terhadap isu gempa yang belum jelas dantak bisa dipertanggungjawabkan.