Viral Video Bubuk Kopi Mudah Terbakar, Seperti Apa Faktanya?

Oleh Aan Lusiadi   ยท   30 Sep 2018 07:05 WIB   

Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan kopi luwak mudah terbakar. Beredarnya video mudah terbakarnya kopi luwak sudah tersebar di media sosial Facebook dan Instagram. Menurut kabar yang beredar, mudah terbakarnya kopi luwak karena mengandung zat mesiu. Zat mesiu sendiri merupakan zat yang biasa digunakan untuk membuat petasan.

Salah satunya seorang warganet, Rd Cahya, yang mengunggah postingan di Facebook membicarakan apakah benar ada mesiu di bubuk kopi tersebut."Saya penasaran cek kebenaran yang pasti. Saya cek komposisi dari kopi yang disebut mengandung mesiu. Ternyata itu sebenarnya adalah sodium caseinate (zat anti caking/creamer) yang mengandung sulfur, unsur yang mudah terbakar. Ditambah partikel kopi luwak yang lebih lembut atau halus, jadi itu alasannya kenapa kopi khusus yang berkrim kayak kopi luwak mudah terbakar," tulis akun tersebut.

Cahya juga menjelaskan mengapa pada beberapa kopi kemasan lain justru sulit terbakar. Untuk kopi lain kenapa susah atau tidak terbakar, yaitu karena basah, partikelnya lebih besar, sedangkan kopi luwak contohnya, itu lebih lembut, ditambah tanpa krimer.