Viral Putra Aji Adhari, Pelajar Asal Tangerang yang Retas Website NASA

Oleh Sesar Aji   ·   23 Mar 2019 21:22 WIB   

Seorang remaja di Ciledug, Tangerang, Banten mencuri perhatian atas kepintarannya dalam melakukan pemrograman komputer. Meski baru baru berusia 15 tahun, namun remaja bernama Putra Aji Adhari itu sudah meretas ratusan website di dunia.

Bahkan ia sanggup memasuki website milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika atau yang dikenal dengan singkatan NASA. Padahal semua orang tahu jika website NASA memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga sangat sulit untuk dibobol.

“Paling berkesan adalah situs NASA karena pada saat saya melakukan penetration testing itu di luar ekspektasi saya. Karena kan situs NASA itu pasti sulit apalagi developer-nya banyak banget, bahkan ribuan,” kata Aji dalam liputan eksklusif dengan NarasiTV.

Hebatnya lagi, Aji belajar komputer dari mulai dasar secara otodidak. Keluarganya tidak yang memiliki latar belakang pekerjaan di bidang informatika. Bahkan ia tidak mendapat pelajaran tentang komputer di sekolahnya.

“DI sekolah itu saya tidak ada pelajaran komputer karena sekolah saya Madrasah. Setiap pulang sekolah main komputer dan juga kadang main game. Nah setelah itu main game, terus lama-lama tertarik. Kenapa game ini bisa dibuat? Terus cari tahu di Google, nah katanya itu dari pemrograman,” ungkapnya.

Namun jangan salah sangka, Aji tidak pernah menyalahgunakan kemampuannya. Justru apa yang dilakukannya itu demi tujuan baik. Saat berhasil melakukan peretasan, ia hanya memberi tahu si pemilik website untuk memperbaiki sistem keamanannya tanpa mencuri data apapun di dalamnya.