Viral Pernikahan Bocah SMP dan SD di Balangan Kalsel

Oleh Sesar Aji   ·   04 Feb 2019 06:30 WIB   

Pernikahan anak di di bawah umur terulang kembali, seorang perempuan 15 tahun berinisial D yang duduk di bangku kelas 2 SMP menikah dengan laki-laki 14 tahun berinisial AD yang masih kelas 5 SD. Pernikahan itu terjadi di Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kalimantan Selatan pada Kamis (31/1) lalu.

Erni, ibu dari Dy, mengakui bahwa orang tua dari kedua belah pihak mempelai memang sengaja untuk menikahkan anaknya. Sebab beberapa waktu belakangan keduanya kerap kepergok keluar malam bersama sehingga menimbulkan pandangan miring dari orang kampung.

“Untuk menghindari dosa. Si anak berdosa dan kami pun sebagai orang tua juga kena dosanya, jadi lebih baik dinikahkan saja,” ungkap Erni kepada Radar Banjarmasin saat ditemui di rumahnya, Minggu (3/2).

Sementara itu Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Balangan, Ainani, mengatakan yang terjadi biarlah sudah. Kini pihaknya akan membantu pernikahan kedua anak itu agar mendapat pengakuan sah dari negara.

“Kami juga akan mengawal supaya keduanya mendapat penyetaraan pendidikan melalui sistem paket, karena sekolah formal tidak menerima lagi anak didik yang sudah menikah,” ujar Ainani.