Viral, Bidan Narti Yang Membantu Lahiran Bayi Saat Banjir Di Perahu

Oleh Ati Johan   ยท   02 Mei 2018 13:25 WIB   

Bidan adalahseseorang yang telah diakui secara reguler dalam program pendidikan kebidanansebagaimana yang diakui yuridis, dimana ia ditempatkan dan telah menyelesaikanpendidikan kebidanan dan telah mendapatkan kualifikasi serta terdaftar disahkandan mendapatkan ijin melaksanakan praktik kebidanan.

Para bidan di pedasaan adalah kaum hawa, yang harustinggal di daerah pedesaan dan melaksanakan tugas pelayanan kesehatan ditengah-tengah masyarakat. Mereka adalah orang-orang yang bisa dijuluki sebagai"Pejuang Kesehatan Ibu dan Bayi" di daerah pedesaan.

Seperti terekam dalam video berikut berlokasi di LongIram, Kutai Kalimantan Timur ini seorang bidan desa bernama Narti harusberupaya membantu kelahiran seorang ibu di sebuah perahu, dalam kondisi banjirkarena darurat. Padahal ini adalah kondisi sangat berbahaya namun ia tetapmenjalankan tugasnya dengan baik.

Seorang bidan adalah yang dengan tekun dan telaten dalammengontrol perkembangan kesehatan ibu-ibu hamil, mulai dari awal mengandung,membantu proses kelahiran, sampai pasca kelahiran. Dengan misi yang mulia yaitumenghindari atau menekan seminimal mungkin terjadinya kasus kematian ibu danbayi serta gizi buruk

Dari tangan mereka bayi-bayi mungil telah lahir denganselamat dan juga sehat-sehat. Memang masih ada juga satu dua kasus menyedihkanyaitu kematian ibu atau bayi. Namun bukan terutama disebabkan salah urus olehbidan desa tapi lantaran adanya kejadian-kejadian yang tidak terduga secaramedis.

Mereka telah berperan besar dalam rangka menurunkanangka-angka kematian ibu dan anaknya saat melahirkan, serta anak-anak yangkekurangan gizi atau busung lapar.