Video Kondisi Warga Pasca Gempa 7 SR di Lombok

Oleh Dhila   ยท   05 Agu 2018 22:02 WIB   

Gempa berkekuatan 7.0 Skala Ritcher (SR) kembali mengguncang kawasaan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu malam (5/8/2018). Gempa mulai dirasakan warga sejak pukul 18:46 WIB.

TerkaitGempa Dahsyat Guncang Lombok, Imam Masjid Ini Tetap Lanjutkan Salat

Dihimpum dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik gempa berada di 8.37 Lintang Selatan-116.48 Bujur Timur tepat 18 kilometer barat laut Lombok Timur dengan kedalaman 15 kilometer.

Gempa ini juga diprediksi BMKG bakal memicu tsunami. Warga utamanya yang bermukim di kawasan Lombok Timur dan Utara dihimbau untuk terus waspada dan mencari lokasi yang aman.

TerkaitBMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Gempa Lombok

"Gempa berpotensi tsunami dan masih terus berlangsung, (kami imbau masyarakat) agar mencari tempat yang lebih aman," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho disalur dari Kompas.

Pasca gempa besar, tercatat sebanyak 16 kali terjadi gempa susulan berskala kecil. Gempa susulan dinilai wajar dan memang kerap terjadi pasca gempa besar.

Dalam sejumlah video yang beredar, kepanikan terjadi di sejumlah titik keramaian. Di pusat perbelanjaan ini misalnya, ratusan warga berhamburan keluar sementara puluhan kendaraan lainnya rusak tertimbun material yang jatuh.