Unik! 'Bertato' Nama Capres, Ikan Bawal Ini Dibanderol Rp 20Juta

Oleh Sesar Aji   ·   16 Apr 2019 15:27 WIB   

Ikan bawal umumnya dijual dengan harga puluhan ribu per kilogramnya, namun di Banyumas ini ada ikan bawal dibanderol seharga sepeda motor atau setara Rp 20 juta. Rupanya yang membuat ikan bawal ini istimewa adalah adanya ‘tato’ berwarna hitam di sepanjang tubuhnya.

‘Tato’ yang terdapat di empat ekor ikan bawal itu bertuliskan nama pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tiap ekor ikan berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa.

Sang pemilik, Ahmad Munajat (55), warga Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menilai harga yang ditawarkan sangat fantastis karena tidak semua orang bisa membuat ornamen atau hiasan pada ikan.

“Kalau ada yang mau ya silakan, saya hargai Rp 20 juta, ya seharga motor baru lah. Kalau ada yang tanya-tanya ya silahkan,” kata Munajat kepada Kompas.com

Tulisan pada ikan dibuat dengan cairan khusus yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Tubuh ikan yang terkena cairan akan menjadi semacam luka. Kemudian dalam waktu satu minggu hingga 10 hari luka akan mengering dan tulisan akan terlihat jelas. Tato pada tubuh ikan tersebut bersifat permanen, sehingga tidak akan terhapus.