Unik, Ambulans di India Ini Gunakan Sepeda Motor Untuk Angkut Pasien

Oleh Sesar Aji   ยท   11 Des 2018 12:52 WIB   

Jika selama ini kendaraan ambulans menggunakan mobil untuk mengangkut orang sakit, namun di negara India ada yang berbeda. Selain mobil, rumah sakit di India juga menyediakan ambulans dari sepeda motor. Seperti yang terdapat di wilayah negara bagian Andhra Pradesh.

Bukan untuk sekedar terlihat beda dan unik, namun penggunaan sepeda motor ambulans sangat diperlukan untuk menjangkau pasien yang berada di pinggiran kota. Wilayah tersebut sangat sulit dimasuki oleh kendaraan roda empat karena letaknya terpencil dan akses jalan yang masih buruk.

Sebuah kotak putih berbentuk seperti kapsul diletakkan di sebelah kiri sepeda motor. Di dalamnya terdapat tempat tidur mini seukuran badan manusia untuk menampung pasien. Tak ketinggalan pula dipasang lampu sirene di atas kotak layaknya ambulans biasa.

Maski terlihat sederhana, namun ambulans dari kendaraan roda dua diklaim efektif untuk mengantarkan pasien sampai ke rumah sakit. Selain itu biaya yang digunakan untuk menyewa juga lebih terjangkau daripada menggunakan mobil.