Tanpa Diledakkan, Menteri Susi Pimpin Penenggelaman 33 Kapal Pencuri Ikan

Oleh Aldi   ยท   30 Okt 2017 09:11 WIB   
Minggu (29/10/2017), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memimpin langsung penenggelaman 33 kapal asing yang masih nekat mencuri ikan di perairan Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau. Dalam video berikut ini terlihat Menteri nyentrik tersebut terlihat menunjuk beberapa kapal yang akan ditenggelamkan.

Namun cara penenggelaman kapal-kapal tersebut tidak lah diledakkan melainkan dilubangi bagian lambungnya saja hingga tenggelam dengan sendirinya. Melansir Kompascom, metode ini adalah yang kali kedua dilaksanakan. Penenggelaman kapal tanpa diledakkan kali pertama dilaksanakan di Benoa, Provinsi Bali.

"Penenggelaman 33 kapal hari ini dilakukan dengan tanpa ditaruh bahan peledak. Kapal-kapal itu hanya dilubangi bagian lambungnya supaya tenggelam," ujar Pimpinan Satgas 115 Mas Achmad Santosa, di sela acara penenggelaman, Minggu.

Metode melubangi badan kapal tersebut pun dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan cara meledakannya. Jika diledakkan, bisa merusak ekosistem yang ada di bawah kapal. Sementara jika hanya dilubangi saja, kapal yang tenggelam dalam bentuk utuh justru diharapkan menjadi rumah baru bagi ikan kecil. 

Sebanyak 33 kapal tersebut ternyata tidak diledakkan dalam waktu yang sama melainkan bertahap. Hari Minggu kemarin, ada 10 kapal yang telah ditenggelamkan. Sisanya akan ditenggelamkan dalam dua hari ke depan.