Sistem Pendidikan Indonesia Belum Maju?

Oleh Tomi Tamtowi, Ade Danty   ยท   16 Mei 2018 10:19 WIB   

Bila kita berbicara tentang sistem pendidikan di Indonesia,pastilah banyak permasalahan-permasalahan yang dapat kita ambil. Bila dilihatdari Indeks pembangunan manusia, kita berada di posisi 113 dari 88 negarasedangkan rangking pelajar kita berada pada posisi ke 65 dari 68 negara.

Nyatanya, bila kita melihat uang untuk pendidikan sendiribisa dibilang cukup. Total kurang lebih 444 Rp 444 Triliun yang diambil dari 20 % APBN Negara.

Sistem Pendidikan Massal bisa dibilang adalah akar daripermasalahan ini. Sistem pendidikan yang seperti ini menyetarakan semua sistempendidikan untuk semua pelajar. Lalu apa penyebabnya? Penyebab dari sistemadalah banyak sekali siswa- siswa yang lebih mengedepankan nilai. Siswa lebihmemilih untuk melakukan segala cara agar memiliki nilai yang baik dibandingkandengan proses belajar yang baik. Lalu yang kedua adalah Mematikan cara berpikirkritis. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia siswa lebih dijejali dengan tugas tugas yangmenumpuk. Alhasil sedikit sekali ilmu yang akan didapatkan karena tidakmemiliki waktu untuk mempelajarinya.

Pendidikan harus kita perjuangkan, karena kunci dari majunyasuatu bangsa adalah kualitas pendidikan yang baik.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Tomi Tamtowi]