Sekolah Terancam Tutup karena Kurang Murid, Domba-domba Gantian 'Daftar'

Oleh Sesar Aji   ·   15 Mei 2019 21:54 WIB   

Kondisi kekurangan siswa yang mengakibatkan sekolah terancam ditutup ternyata juga terjadi di Prancis. Namun ada hal unik yang dilakukan oleh warga agar sekolah tersebut bisa terus bertahan.

Sebuah sekolah bernama Jules-Ferry di kota kecil Crets en Belledone, yang terletak di kaki pegunungan Alpen Prancis, hanya memiliki 261 siswa. Jumlah murid yang turun membuat sekolah diminta untuk mengurangi pelajarannya.

Namun sepertinya mereka tak perlu khawatir lagi karena sekarang ada 15 ekor domba yang terdaftar sebagai murid baru. Ya, domba-domba milik seorang penggembala lokal bernama Michel Girerd itu sengaja didaftarkan untuk menambah jumlah murid.

“Pendidikan nasional sayangnya hanya angka. Dan sekarang, dengan kenaikan angka ini, kami baik-baik saja,” kata Gaelle Laval, salah satu orang tua murid di balik inisiatif itu.

Dengan masuknya lusinan domba tersebut akan menempatkan mereka di atas batas yang direkomendasikan yang dijanjikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai bagian dari kebijakan pendidikannya.