Salahi Aturan Zero Gravity, Izin Terbang Kapten Vincent Raditya Dicabut

Oleh Sesar Aji   ·   28 Mei 2019 18:24 WIB   

Aksi Pilot Kapten Vincent Raditnya menerbangankan pesawat ringan dan melakukan atraksi Zero Gravity bersama para selebrti disambut hangat netizen. Hal itu terbukti dari jumlah penonton di video YouTube-nya yang mencapai jutaan.

Namun kini akibat dari atraksinya itu, Izin terbang Kapten Vincent untuk pesawat ringan bermesin tunggal dicabut oleh Kementerian Perhubungan pertanggal 21 Mei 2019.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membatalkan otorisasi Aeroplane Class Rating untuk Single Engine Land di dalam ATPL 6702 atas nama Capt. Vincent Raditya,” begitu bunyi surat resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tanggal 21 Mei 2019.

Inspektur Operasi Penerbangan DKPPU, Capt. Renato menerangkan bahwa Kapten Vincent tidak diperbolehkan lagi menerbangkan pesawat bermesin tunggal karena dinilai telah melanggar beberapa aturan saat terbang bersama selebritis, termasuk soal atraksi zero gravity.

“Ia (Kapten Vincent) tidak diperbolehkan melakukan zero gravity terhadap orang awam yang bukan student (siswa pelatihan). Ia juga tidak tahu bahwa yang bisa melakukan itu adalah seorang pilot yang punya rating instruktur,” kata Renato dalam video yang diunggal di kanal YouTube CameoProject, Senin (27/5).