Ramai Broadcast 'Semut Charlie' Ini Penampakannya

Oleh Ati Johan   ยท   25 Jun 2019 11:58 WIB   

Setelah heboh dengan cacar monyet yang berasal dari Afrika dan mulai memasuki daerah Asia yaitu Singapura, kita Indonesia dihebohkan dengan broadcast di Wastaap grup dan berita-berita di facebook tentang bahaya Semut Charlie yang sangat beracun bila mengenai kulit. 

Semut charlie dikenal sebagai semut semai atau serangga tomcat yang beracun dan hidup di daerah yang lembab diantara pepohonan, tambak dan semak-semak

Keseimbangan alam yang terganggu mengakibatkan munculnya sebuah populasi hewan tertentu, yang bila cuaca normal sebenarnya tidak ada. Tomcat mengeluarkan cairan bila bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia, dan yang lebih harus diwaspadai ia terkadang menempel di baju dan handuk dan mengeluarkan cairan disana. Jadi kita harus selalu berhati-hati dalam meletakkan handuk dan pakain kita. 

Bila kita menyadari menemukan binatang tersebut janganlah menyentuhnya, dan apabila sudah terlanjur menyentuhnya pengobatan awal yang utama adalah menghilangkan iritasi dan kontak dengan zat paederin dengan dengan mencuci daerah tersebut dengan sabun dan air sebersih mungkin. Dan membasahi basah dingin, diikuti dengan steroid topikal kuat seperti hydrocortisone 1% salep betametasone atau salep anti radang lainnya.

Biasanya serangga tomcat menyukai sinar lampu yang terang saat malam hari, karena itu sebaiknya matikan lampu saat tidur dan selalu tutup pintu dan jendela rumah terutama saat malam hari.