Ngeri ! Puting Beliung di Jembatan Pulau Pinang

Oleh Citra Orwella   ·   01 Nov 2017 07:03 WIB   
Angin putingbeliung bisa terjadi di daera mana saja. Bukan hanya di Indonesia, di Malaysiasendiri, angin puting beliung merupakan ancaman. Beberapa waktu lalu beredarsecara luas di dunia maya, peristiwa angin puting beliung yang terjadi dijembatan pulai pinang, Malaysia. Pulai Pinang merupakansebuah Negara Bagian Malaysia, yang terdiri dari Pulau Pinang seluas 293 km². PulauPinang dikenal sebagai negeri yang termaju dan terkaya di negara Malaysia.

Puting Beliung yang terekam kamera terjadi di jemabtantersebut menggambarkan bahwa angin puting beliung memang mengerikan. Angin inibermula dari udara yang terasa panas dan gerah lalu disertai dengan munculnyaawan putih yang bergelombol dan berlapis-lapis di langit. Diantara awan-awantersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarnaabu-abu menjulang tinggi yang secara visual mirip kembang kol yang biasadisebut awan Cumulonimbus.

Angin puting beliung atau yang juga dikenal juga denganangin belalai air di wilayah Malaysia merupakan sebuah kejadian alam yang cukupberbahaya. Karakteristik dari angin puting beliung ini adalah angin yangberputar-putar dengan kecepatan lebih dari 63 km per jam. Angin ini bergeraksecara lurus dan biasanya berlalu hanya 5 menit.

Walaupun angin puting beliung ini bisanya terjadi dalamwaktu yang cukup singkat, namun angin ini mampu menghancurkan apa saja yang adadidepannya. Benda benda didepannya akan terbawa dan terlempar ketika sudahberhadapan dengan angin yang mirip belalai gajah ini. Sampai saat ini, kejadianangin puting beliung yang cukup besar bisa merusak rumah-rumah warga, pohon,alat transportasi dan bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.