Presiden Jokowi Merasa Punya Feeling Kalau Kalteng Bakal Jadi Ibu Kota Baru

Oleh Nur Lella   ยท   10 Mei 2019 20:00 WIB   

Presiden Jokowi nampaknya serius dengan usulan terkait pemindahan Ibu Kota. Selama beberapa hari, dari tanggal 7-9 Mei ia pergi ke Pulau Kalimantan untuk meninjau 3 lokasi yang kemungkinan cocok untuk di jadikan Ibu Kota. Peninjauan ini bermaksud untuk melihat ke lapangannya secara langsung dan merasakan feeling.

Adapun 3 lokasi yang ditinjau oleh Jokowi adalah:

1.Bukit Soeharto. Kawasan ini berada di kawasan hutan raya Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Sejak 1.5 tahun lalu kawasan ini telah dikaji oleh tim Presiden. Kelebihan kawasan ini memenuhi dari segi infrastrukturnya yang mana dekat juga dengan airport Banjarmasin dan Samarinda.

2.Gunung Mas. Kawasan ini terletak di Kalimantan Tengah. Kabupaten Gunung Mas merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kapuas. Luas lahan yang memungkinkan untuk menjadi Ibu kota seluas 10.804 kilometer persegi dan saat ini dihuni oleh 109.947 jiwa.

3.Kawasan Segitiga. Terletak di antara kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas. Lokasi ini yang menurut Jokowi memungkinkan untuk dijadikan Ibu Kota di banding 2 tempat tadi, karena ketersedian lahan yang luas.