Nekat Lakukan Keke Challenge, Siap-siap Kena Denda Rp 750 Ribu

Oleh Nur Lella   ยท   31 Jul 2018 17:15 WIB   
Saat ini beramai-ramai dan berbondong-bondong masyarakat yang turut serta melakukan aksi Keke Challenge atau in My Feeling atau Kiki Challenge. 

Dengan keluar dari mobil dan menari mengikuti mobil yang masih berjalan di samping pintu, tentunya aksi ini mengundang bahaya. Bila kita perhatikan banyak yang berawal dari ikut aksi ini pada ujungnya berujung nyawa melayang akibat tertabrak, jatuh dan lain sebagainya. 

Apalagi jika aksi itu dilakukan di jalan raya yang besar, tentu akan mengganggu pengguna jalan dan mengundang kecelakaan. Karena itu Polisi Indonesia menetapkan denda bagi siapapun yang melakukan Keke Challenge. 

Kepala Penerangan Hubungan Masyarakat DIvisi Humas Polri Brigadir Jendral Polisi Muhamad Iqbal mengatakan bagi masyarakat yang membuat video in my feeling atau kiki challenge bisa dijerat UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Pasal 283 jo Pasal 106 ayat (1) Pengendara kendaraan bermotor yang yang melalukan kegiatan lain saat mengemudi (SMS-an, telepon, dll) dan mengemudikan kendaraan yang dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi (mabuk, gila, bercanda dlll) didenda dengan denda maksimal Rp750 ribu atau kurungan tiga bulan penjara," ucap Iqbal kepada media. 

Berikut video selengkapnya bisa disaksikan di atas.