Penobatan Pertama Raja Thailand dalam 7 Dekade

Oleh Pataya   ยท   05 Mei 2019 17:21 WIB   

Pada Sabtu (4/5/19) dilakukan acara penobatan Maharaja Vajiralongkorn yang bergelar Rama X dari Thailand. Penobatan ini ditandai dengan pertunjukan arak-arakan dan ritual Hindu Buddha. Upacara penobatan ini dilakukan setelah dua tahun pasca kematian ayahnya.

Upacara ini dimulai pada pukul 10.09 waktu setempat, dimulai dengan raja mengenakan jubah berwarna putih dengan membiarkan satu bahunya terbuka untuk kemudian dibasahi dengan air suci dari seluruh Thailand, lalu menyeka dengan lembut wajahnya. Acara ini dilakukan di sebuah kuil dalam Kompleks Grand Palace.

Dilanjutkan dengan ritual keagamaan yakni membunyikan alat tiup lalu para biksu Buddha berdoa. Brahmana Hindu pun hadir dalam upacara sinkretik, dimana melambangkan perubahan dari Rama X dari manusia menjadi sosok ilahi. Rama lalu akan duduk di bawah payung negara sembilan tingkat dimana ia dianugerahi Mahkota Kemenangan.

Ini akan menjadi penobatan pertama yang disaksikan oleh kabanyakan orang Thailand setelah terakhir dilakukan pada 1950 untuk mendiang Raja Bhumibol Adulyajed.