Orang Tajir di Saudi Berencana Pindahkan Gunung Es Antartika ke Timur Tengah

Oleh Janeeta Mahya, Ade Danty   ยท   12 Jul 2019 16:42 WIB   

Abdullah Alshehi, seorang pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini menghebohkan dunia karena mengemukakan sebuah ide besar. Pria tersebut ingin mengangkut gunung es Antartika ke wilayah timur tengah. Keinginan Alshehi ini terbilang konyol bagi sebagian besar orang. Namun ia tetap yakin bisa menjalankannya.

Demi menyediakan sumber air segar untuk negaranya, Alshehi sungguh berharap rencananya ini akan berhasil. Hal tersebut diupayakan mengingat iklim kering yang terjadi di wilayah Timur Tengah yang menyebabkan masyarakat kekurangan sumber air bersih, karena wilayah itu memiliki suhu yang tinggi.

Kepada Euronews, Alshehi menyatakan bahwa biaya yang dibutuhkan dalam proses pemindahan gunung es tersebut lebih murah dibandingkan dengan modal yang harus selalu disiapkan untuk desalinasi. Gunung es raksasa berukuran 2 km kali 500 m ini akan diambil dari Pulau Heard, dekat kutub selatan. Gunung es diderek ribuan mil menggunakan sabuk logam yang telah dibuat khusus untuk mencegahnya dari keruntuhan selama perjalanan yang panjang.

Diyakini bahwa masa pengangkutan gunung es tersebut sampai ke teluk Arab adalah sekitar 10 bulan dengan jarak tempuh sejauh 8.851km. Persoalan berat dimana harus menjaga gunung es agar tidak runtuh dan mencair dengan cepat di air hangat diyakini oleh Alshehi dapat teratasi. Estimasi Alshehi, gunung es yang dikabarkan memiliki kedalaman 300m ini akan tiba di Arab selama masa musim dingin berlangsung.

Gunung es Antartika ini diharapkan nantinya dapat membawa hujan yang bermanfaat dibidang pertanian dan dapat menyediakan air bersih yang cukup bagi masyarakat di UEA hingga bertahun-tahun. Pada tahun 1975 silam ilmuan asal Prancis telah lebih dulu berencana membawa gunung es ke wilayah timur tengah. Tapi, proyek itu gagal sebab fasilitas teknologi pada zaman itu belum secanggih saat ini. Hal tersebut menjadi kendala besar dalam pengangkutannya.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Janeeta Mahya]