Ngeri, Detik - Detik Meletusnya Kawah Sileri Dieng

Oleh Virgiawan Nurrahmat Perdana   ·   03 Apr 2018 09:49 WIB   
Objek wisatakawah sileri di pegunungan dieng banjarnegar, jawa tengah kembali meletus,erupsi kawah tersebut memuntahkan material lumpur dan bebatuan hingga radius100 meter detik “ detik kepanikan saat letusan pun terekam video amatir milikwarga.

Dalam videotersebur jelas sekali detik “ detik erupsi letusan kawah sileri di pegunungandieng, banjarnegara, jawa tengah yang direkam oleh seorang wisatawan, letusanyang terjadi merupakan letusan yang ditandai dengan keluarnya asap pekat dengan ketinggianmencapai 90 meter.

Kawah sileriyang berada di kecamatan bantul ini meletus dan memuntahkan material lumpurhingga ketinggian 150 meter dan luasan mencapai 200 meter ke arah selatan. Akibatdari muntahan material lumpur ini pun merusak areal lahan pertanian kentangdilokasi disekitar kawah.

Pasca letusan, tim dari pusat vulkanologi dan mitigasibencana geologi terus melakukan pemantuan aktifitas kawah sileri, beruntungeupsi yang terjadi kedua kalinya sejak 3 tahun terakhir ini tidak menimbulkankorban jiwa. Namun untuk sementara objek wisata kawah sileri ditutup, warga danpetani dilarang mendekat kearah kawah sileri dalam jarak 200 meter hingga peringatan ini diturunkan.