MotoGP Inggris Dibatalkan, Ini Alasannya

Oleh Nur Lella   ยท   28 Agu 2018 16:10 WIB   

Ajang Moto GP Inggris yang seharusnya berlangsung pada Minggu (26/08) di Sirkuit Silverstone Inggris harus dibatalkan. Hal ini pun membuat kekecewaan banyak para pemain Moto Gp. 

Pembatalan ini karena disebabkan oleh kondisi trek yang basah karena hujan dan alasan keselamatan para pembalap yang menjadi faktor penting penundaan ajang Moto GP ini. 

Perubahan jadwal yang memajukan kelas premier digelar pukul 11:30 waktu setempat (17:30 WIB), rupanya tidak berarti apa-apa. Hujan deras mengguyur sirkuit sekitar 30 menit sebelum dimulainya balapan.

Start kemudian ditunda, dan bahkan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Lalu muncul pengumuman Race Direction bakal melakukan inspeksi trek lagi pukul 15:00 waktu setempat, atau 21:00 WIB. Pertemuan juga akan diadakan untuk membahas situasi jadwal MotoGP Inggris.

Tak berapa lama, pemberitahuan menjadi evaluasi keselamatan trek akan dilakukan Race Direction pukul 15:00 waktu setempat (21:00 WIB). Namun ini pun tergantung prakiraan cuaca untuk balapan pukul 16:00 waktu setempat (22:00 WIB).

Dan akhirnya setelah menunggu sekian lama, usai pertemuan antara IRTA dan para pembalap, Race Direction memutuskan untuk membatalkan MotoGP Inggris karena kondisi trek dianggap terlalu tidak aman. Tak hanya kelas premier, tapi juga kategori Moto2 dan Moto3 dibatalkan.

Terakhir kali MotoGP harus dibatalkan pada Austria 1980 silam karena salju. MotoGP Malaysia 2011 juga dibatalkan, di mana Marco Simoncelli mengalami kecelakaan fatal yang menewaskan dirinya, walau sebenarnya balapan sempat berjalan dua lap.

Simak video selengkapnya di atas.