Momen Menteri Susi Semprot Sandiaga Uno Soal Perizinan

Oleh Ati Johan   ยท   18 Okt 2018 06:19 WIB   

Dalam lawatannya ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sandiaga Uno, Cawapres nomor urut dua, berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong, Kabupaten Indramayu.

Sandi menerima dan mendengarkan curhat dari sejumlah nelayan Indramayu terkait Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). Salah satunya adalah Ketua Koperasi Mina Sumitra, Darto, yang mengaku kesulitan dalam mengurus SIPI.

Menurut Darto, pengurusan SIPI memakan waktu lama, sehingga berdampak pada aktivitas nelayan di Indramayu. Aksi curhat nelayan ini pun direkam dalam sebuah video yang viral di media sosial. 

Viral nya rekaman video tersebut ditanggapi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang menegaskan bahwa nelayan yang memiliki kapal berukuran di bawah 10 gross ton (GT) tidak diwajibkan mengurus izin, baik menangkap ikan maupun pelayaran. Sejak tanggal 7 November 2014, pihaknya sudah membebaskan seluruh nelayan dengan kapal di bawah 10 GT dari izin penangkapan ikan. Sementara yang harus mengurus izin adalah mereka yang memiliki kapal dengan ukuran di atas 10 GT hingga 100 GT.