Momen Atlet Wanita Iran Tolak Salaman dengan Jokowi karena Bukan Muhrim

Oleh Ati Johan   ยท   22 Agu 2018 11:53 WIB   

Meski berjabat tangan adalah perbuatan baik, namun ada batasan yang harus diikuti. Islam melarang laki-laki berjabat tangan dengan wanita yang bukan muhrimnya. Persentuhan tangan antara laki-laki dengan wanita bisa menimbulkan nafsu syahwat, yang berujung pada perbuatan terlarang.

Di ajang Asian Games, ada kejadian menarik saat pemberian penghargaan kepada para atlet juara cabang olahraga taekwondo putri, terlihat pada unggahan undercover.id. Presiden RI Joko Widodo sendiri yang mengalungkan medali kepada para atlet taekwondo tersebut di Jakarta Convention Center Jakarta, Minggu (19/8).

Dalam video yang tersebar di media sosial, usai mengalungkan medali perak kepada Salahshouri Marjan, Jokowi menyodorkan tangan hendak bersalaman. Namun, atlet taekwondo putri asal Iran, Salahshouri Marjan, dengan sopan menolak bersalaman dengan Presiden RI, melainkan langsung membungkukkan diri memberikan penghormatan.

Pada Asian Games 2018, atlet taekwondo putri Indonesia, Defia Rosmaniar mencetak sejarah sebagai peraih medali emas pertama untuk nomor individu poomsae putri.