Miris! Ternyata Sampah Plastik Juga Ada di Palung Laut Terdalam di Dunia

Oleh Sesar Aji   ·   16 Mei 2019 20:47 WIB   

Permasalahan sampah yang mengotori lautan ternyata tidak hanya terjadi di perairan dangkal atau dekat dengan pemukiman penduduk. Baru-baru ini seorang peneliti terkejut ketika menemukan sampah plastik di dasar laut terdalam di dunia, Palung Mariana.

Pada tanggal 1 Mei 2019 lalu, Victor Vescovo menyelam ke dasar Palung Mariana dengan menggunakan kapal selam khusus. Misi tersebut bertujuan untuk melakukan pemetaan sonar dan mendokumentasi segala sesuatu yang berada di titik terdalam samudera tersebut

Menyelam ke dasar laut yang berada di kedalaman 11 kilometer dari permukaan air, Vescovo berhasil menemukan empat spesies baru. Namun alangkah kagetnya ia ketika menjumpai keadaan yang sangat memprihatinkan.

Di dasar palung, Vescovo menemukan kantong plastik, bungkusan permen dan aneka sampah plastik lainnya. Ia pun tidak bisa menyembunyikan rasa kekecawaannya.

“Sangat mengecewakan melihat kontaminasi manusia yang nyata di titik terdalam di lautan,” katanya seperti dikutip dari ABC News, Selasa (14/5).

Lebih lanjut Vescovo berharap penemuan sampah di Palung Mariana bisa menumbuhkan kesadaran untuk tidak membuang sampah ke lautan.