Miris! Remaja Malaysia Bunuh Diri Usai Adakan Poling di Instagram

Oleh Enjang Ghozali, Ade Danty   ยท   17 Mei 2019 10:35 WIB   

Penggunaan media sosial tanpa batas dan pengawasan dapat mempengaruhi keputusan sebagian orang dalam menilai atau melakukan sesuatu. Hal ini berlaku untuk semua umur, namun yang paling rentan adalah para anak di bawah umur. Mereka seringkali tidak dapat menyaring informasi yang dilihat atau didapatkan di media sosial apakah itu wajar atau tidak.

Bahkan kejadian mengejutkan datang dari negeri tetangga Malaysia dimana seorang gadis dinyatakan bunuh diri setelah membuat poling di instagram. Poling tersebut dikabarkan dibuat dengan cara meminta suara para pengikutnya untuk memilih apakah dirinya lebih baik bunuh diri atau tidak.

"Sangat Penting, Bantu Saya Memilih D/L." Tulis gadis berusia 16 tahun yang tak disebutkan namanya itu. "D" dalam kalimat itu berarti Death (mati) dan "L" berarti Life (hidup). Kepala polisi distrik setempat, Aidil Bolhassan mengungkapkan bahwa gadis tersebut kemudian benar-benar bunuh diri dengan cara melompat dari atas gedung beberapa jam setelah melihat hasil polingnya.

Aidil juga mengatakan bahwa hasil polling menunjukkan 69 persen followersnya memilih "D". Seorang pengacara dan anggota parlemen Malaysia, Ramkarpal Singh ikut angkat bicara bahwa para followers yang ikut dalam poling itu bisa saja dinyatakan bersalah karena memilih "D". Hal ini dianggap sama artinya bahwa mereka mendukung seseorang melakukan aksi bunuh diri.

Kepala komunikasi untuk Instagram APAC, Ching Yee Wong memberikan pernyataan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya bagi korban. Pihaknya merasa turut bertanggung jawab atas keputusan gadis muda tersebut. Instagram kemudian menghimbau dengan sangat kepada para penggunanya agar segera memanfaatkan alat pelaporan atau panggilan darurat saat mendapati aksi yang dapat membahayakan keselamatan penggunanya.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Enjang Ghozali]