Mengharukan, Momen Seorang Wanita Buta Bisa Melihat Lagi Berkat Teknologi Google

Oleh Sesar Aji   ·   13 Jun 2019 06:04 WIB   

Maisy, dinyatakan menderita penyakit tumor otak enam tahun lalu saat berusia 16 tahun. Beberapa bulan kemudian, penyakitnya itu berakibat kepada kemampuan matanya yang semakin menurun hingga berkurang menjadi satu lingkaran kecil nan kabur di mata kanannya.

Namun pada awal bulan Juni ini, ia sangat terkejut dan senang ketika matanya bisa lagi melihat orang-orang di sekitarnya dengan jelas. Keberhasilan itu tak lepas dari bantuan dari teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan internet raksasa Google.

Maisy diberi kesempatan untuk mencoba versi terbaru dari alat yang diberi nama kacamata GiveVision. Alat ini bekerja dengan menggunakan kaca pembesar dan augmented reality untuk memperkuat penglihatan pemakainya.

“Aku dapat melihat mic kamu dan aku bisa melihatmu sedang tersenyum, aku juga bisa melihat kancing-kancing di bajumu,” kata Maisy saat ditanyai oleh jurnalis BBC, Spencer Kelly, saat pertama merasakan alat tersebut.

Tak hanya itu, ia juga bisa kembali membaca tulisan dalam novel kesukannya, Harry Potter, ketika diminta Spencer. Alhasil momen itu sukses membuat penonton yang memenuhi gedung terharu menyaksikannya.