Mengejutkan ! Air Selatan Jawa Berubah Menjadi Dua Warna Pasca Banjir Jogja

Oleh Citra Orwella   ยท   04 Des 2017 10:22 WIB   
Hujan deras yang melanda Yogyakartamengakibatkan sejumlah tempat diwilayah Yogyakarta tergenang air. Sejumlah kendaraan terjebak macet akibatbanjir.Selain itu aliran listrik di wilayah Kota Yogyakarta bagianselatan di Kecamatan Mergangsan, Umbulharjo, Kecamatan Sewon dan BanguntapanBantul padam.

Diketahui,Sungai Manunggal atau Kali Mambu di wilayahKecamatan Umbulharjo meluap meskipun tidak sampaimenggenangi jalan. Airnaik hingga mendekati batas talud pinggir sungai namun belum meluap ke jalan.Beberapa jalan yang tergenang air diantara Jalan Kemasan Kotagede, simpangempat Giwangan, kawasan Karangkajen.

Namun lupaan aliran air Kali Mambu ini sempat mengakibatkan beberapa sepeda motormacet. Kondisi yang paling parah terjadi di Ringroad Selatan,Tamanan Banguntapan, Bantul, tepatnya di dekat pintu masuk kampus terpaduUniversitas Ahmad Dahlan (UAD) tergenang hingga lebih dari 50 centimeter.

Banjir besar yang melanda Yogyakarta jugamembuat air laut Selatan mengalami perubahan warna. Dalam video yang diambildari pesawat ini, tampak air laut selatan sebagian berwarna cikelat akibat airluapan dari sungai.

Nelayan dan seluruh pelaku usaha disektor perikanan dan kelautan diminta untuk menghentikan aktivitasnya sementarawaktu, mengingat cuaca buruk di perairan sejumlah wilayah Indonesia. Cuacaburuk, diakibatkan sedang berlangsung fenomena alam, yakni siklon tropiscempaka. Himbauan tersebut datang dari dua instansi Negara, Badan Meteolorogi,Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB).