Mengagumkan! Anggota DPR di Swedia Rela Kerja dengan Gaji Rendah dan Tanpa Tunjangan

Oleh Yaya Jarkasi, Ade Danty   ยท   10 Jun 2019 07:20 WIB   

Besarnya gaji dan tunjangan bagi anggota DPR atau pejabat tanah air merupakan faktor utama mengapa banyak orang berlomba untuk berkecimpung dalam profesi tersebut. Namun, hal berbeda yang berlaku di negara Swedia dimana para pejabat justru tidak mendapatkan fasilitas 'mewah' meski dalam urusan pekerjaan.

Seorang anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat, Per-Arne Hakansson mengatakan bahwa para anggota parlemen atau DPR tidak ada bedanya dengan masyarakat pada umumnya. "Tugas utama kami ialah mewakili rakyat, jadi tak pantas rasanya jika kami di istimewakan atau mendapatkan banyak fasilitas atau gaji tinggi." Tutur Hakansson

Hal inilah yang membuat negara Swedia dikenal sebagai negara yang para pejabatnya hidup bersahaja berdampingan dengan rakyat mereka. Bahkan, tak ada fasilitas mobil mewah ataupun tunjangan untuk membeli mobil bagi para anggota parlemen.

Mereka hanya mendapat akses naik kendaraan umum secara gratis. Sedangkan satu-satunya petinggi yang memiliki fasilitas mobil dinas hanyalah perdana menteri Stefan Lofven. Selain itu, ada 3 mobil dinas yang disediakan bagi para ketua dan wakilnya, namun hanya diperbolehkan digunakan untuk kepentingan parlemen. Mereka tidak boleh menggunakan mobil dinas untuk perjalanan dari kantor ke rumah.

Tak cukup sampai disitu, jika biasanya di negara lain para pejabat diberikan semacam rumah dinas, namun di Swedia juga berbeda. Anggota DPR atau parlemen hanya diberikan tempat tinggal semacam apartemen yang ukurannya tidak besar dengan satu kamar tidur tanpa mesin cuci ataupun fasilitas lainnya.

Apartemen tersebut hanya diperuntukkan bagi anggota yang berasal dari luar kota Stockholm. Sementara untuk yang berkepentingan untuk menginap di hotel atau penginapan akan gratis hanya bagi anggota DPR. Sedangkan, pasangan atau keluarga mereka tetap harus membayar sewa.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Yaya Jarkasi]