Menegangkan, Laporan Terkini Reporter VOA Indonesia di Perbatasan Gaza-Israel

Oleh Ade Danty, Agusman   ยท   16 Mei 2018 15:12 WIB   
Dalam tayangan berikut ini, reporter VOA Indonesia Patsy Widakuswara sedang berada di perbatasan antara Gaza dan Israel, dimana dapat disaksikan puluhan ribu orang berkumpul untuk unjuk rasa atas beberapa hal yang pertama untuk memprotes Kedutaan Amerika Serikat yang direlokasi dari Tel Aviv ke Yerusalem. 
Dan yang kedua untuk memperingati hari Al-Nakba atau hari kehancuran, dimana warga palestina 700.000 orang diusir dari tanah kelahirannya pada saat pembentukan negara Israel pada tahun 1948.

Ditengah unjuk rasa itu Israel menembakan gas air mata dalam rentang waktu sekitar 10-15 menit sekali. Dan sungguh mengharukan, dapat anda saksikan bagaimana ditengah kekacauan akibat gas air mata Israel masih ada warga Palestina yang menyempatkan diri untuk Sholat. 

Gejolak di jalur Gaza kembali terjadi setelah Amerika resmi memindahkan kedubesnya ke Yerusalem. Presiden Trump beralasan bahwa pemindahan itu berdasarkan undang-undang tahun 1995, walaupun Presiden sebelumnya menangguhkan pemindahan itu karena alasan keamanan.

Menurut para analis, Langkah Presiden Trump itu menghilangkan peran Amerika sebagai penengah untuk usaha perdamaian di timur tengah, karena dinilai sudah tidak netral lagi. 

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Ade Danty]