Mendarat Tanpa Roda Depan, Pilot Ini Berhasil Selamatkan Para Penumpangnya

Oleh Enjang Ghozali, Ade Danty   ยท   14 Mei 2019 08:53 WIB   

Peristiwa menegangkan terjadi pada Minggu, 12 Mei 2019 dimana sebuah pesawat dari maskapai Myanmar Airlines terpaksa harus mendarat tanpa roda depan. Insiden yang terjadi di Bandara Internasional Mandalay pada pukul 09.00 pagi waktu setempat itu beruntung dapat diatasi dengan baik oleh sang pilot. Wakil Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil Myanmar, Ye Htut Aung mengungkapkan bahwa pesawat mengalami masalah teknis beberapa saat sebelum mendarat dari Yangon.

Karena menyadari ada yang salah dengan roda depan pesawat yang tak mau turun, pilot memutuskan untuk terus berkeliling hingga dua kali agar dapat terus mencoba sistem secara otomatis dan manual agar roda depan bisa aktif. Namun, sayang roda pesawat memang benar-benar tak dapat diperbaiki saat itu bahkan setelah meminta bantuan dari para petugas di bandara melalui sambungan komunikasi.

Pilot yang tak disebutkan namanya itu lalu memutuskan dengan yakin untuk mendarat tanpa roda depan. Akhirnya, pesawat tersebut berhasil mendarat tanpa ada korban. Sang pilot berhasil menyelamatkan 89 penumpangnya tanpa luka-luka meski sempat sangat tegang di detik-detik pendaratan tanpa roda depan serta keluar asap yang membuat para penumpang panik. Myanmar National Airlines lalu mengirim ahli untuk memeriksa kesalahan teknis pada pesawat tersebut dan diharapkan tak ada lagi terjadi insiden seperti itu.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Enjang Ghozali]