Membatasi Waktu Anjing Berkeliaran, Pemerintah di China Banjir Kritikan Warga

Oleh Janeeta Mahya, Ade Danty   ยท   07 Nov 2018 14:05 WIB   

Jalanan adalah fasilitas umum, semua pengguna jalan wajib mematuhi peraturan yang ada demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu dan atau bermasa bodoh dengan hal ini. Seperti peraturan lalu lintas dimana semua pengendara atau pengguna jalan diharuskan tertib agar tidak merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Begitu juga dengan hal yang sebagian orang anggap sepele, yaitu tentang bermain dengan hewan peliharaan. Tidak semua orang senang dan berani dengan semua hewan peliharaan orang lain yang dilepas atau diajak berjalan-jalan di jalanan umum.

Seperti misalnya anjing, banyak orang yang takut dengan hewan satu ini meski dianggap jinak oleh pemiliknya. Hingga sebuah kota di China akhirnya berlakukan peraturan untuk membatasi anjing berkeliaran di jalanan. Pemerintah Kota Wenshan di Provinsi Yunnan hanya membolehkan warganya membawa anjing peliharaan mereka diluar dari jam 07.00 hingga 22.00. Kebijakan ini sontak menjadi kontroversi di tengah masyarakat. Para pemilik anjing beramai-ramai protes kepada pemerintah. Mereka kesulitan karena waktu berjalan-jalan dengan anjing mereka dibatasi. Biasanya para pemilik anjing lebih suka mengajak anjing-anjing mereka jalan-jalan di pagi dan sore hari, namun kini tak boleh lagi.

Pemerintah memutuskan hal ini guna mengurangi serangan anjing terhadap warga. Selain itu, banyak yang terganggu dengan keberadaan anjing-anjing saat berolahraga atau akan berangkat kerja. Ditambah untuk menghindari penularan rabies di wilayah tersebut. Peraturan ini bahkan telah dimuat di situs resmi pemerintahan seperti yang dilansir dari SCMP.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Janeeta Mahya]