KPI Tegur 11 Stasiun Televisi yang Tayangkan Iklan Shopee Blackpink

Oleh Pataya   ·   12 Des 2018 14:39 WIB   

Iklan Shopee yang menampilkan Blackpink sebagai bintang iklannya kini menimbulkan pro dan kontra. Ibu-ibu merasa iklan tersebut tidak pantas untuk ditayangkan. Mereka khawatir karena anak-anak mereka menyaksikan iklan tersebut. Bahkan mereka pun membuat petisi online agar iklan tersebut dihentikan. Sementara itu masyarakat pro yang pencinta Kpop merasa gugatan dari para ibu-ibu ini berlebihan.

Menanggapi laporan dari para ibu-ibu itu, KPI pun memberikan peringatan keras bagi stasiun televisi yang menayangkan iklan tersebut. Iklan tersebut dinilai telah melanggar norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

11 stasiun televisi yang ditegur oleh KPI itu antara lain, Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net, dan SCTV.

KPI menyebut iklan tersebut menampilkan sejumlah wanita yang menggunakan pakaian minim. Komisioner sekaligus Koordinator bidang isi siaran KPI pusat, Hardly pun menghimbau agar lembaga penyiaran melakukan perbaikan serta diharapkan untuk menghentikan atau mengganti iklan tersebut.

"Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar Hardly.

Pihak Shopee selaku empunya iklan telah mengetahui hal ini dan menyebut bahwa iklan tersebut telah lulus sensor. "Tentu saja kami mendengarkan adanya keluhan dari sebagian masyarakat terkait iklan kami yang sering diputar menjelang Shopee 12.12 Birthday Sale. Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya. Namun, untuk diketahui, bahwa iklan tersebut telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia," ungkap Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar.