Kisah Suhandi, Driver Ojek Online yang Merengkuh Asa Jadi Anggota DPR

Oleh Sesar Aji   ·   23 Feb 2019 06:39 WIB   

Setiap warga negara Indonesia berhak menjadi anggota legislatif, tak terkecuali bagi pengemudi ojek online seperti yang dilakukan seorang pria di Jakarta ini.

Suhandi, setiap hari beradu dengan aspal jalanan ibu kota mengantarkan penumpang dari satu titik ke titik lainnya menggunakan sepeda motor, namun siapa sangka pria asli Jakarta ini terdaftar sebagai Calon Anggota DPR RI 2019-2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan teman-teman seprofesi Suhandi pun awalnya banyak yang tidak percaya. “Pada hampir tidak percaya kalau saya ini caleg DPR RI,” kata Suhandi kepata DetikX.

Suhandi menceritakan bahwa proses dirinya bisa berkecimpung di dunia politik berawal dari ketidaksengajaan. Ia melihat formulir pendaftaran caleg ketika mengantarkan penumpang ke Kantor DPP PKB di Jakarta Pusat. Penumpang yang tahu jika Suhandi tertarik kemudian memberikannya formulir pendaftaran itu.

Singkat cerita setelah yakin ia lalu mendaftarkan diri pada 8 Januari 2018. Kemudian keesokan harinya ia menerima telepon dari seseorang bernama Dita.

“Saya cuma ditelepon oleh Mbak Dita untuk ngopi di DPR, nggak tahunya saya diundang ketemu Cak Imin,” ujar Suhandi yang mengatakan saat itu ia merasa seperti mimpi di siang bolong.

Langkah menuju Gedung Senayan tentu tidak mudah, namun Suhandi tidak patah semangat. Ia menargetkan dapat meraup 60.000 suara. “Saya optimis teman ojek online bisa membantu saya,” katanya penuh semangat.

Apabila Tuhan mewujudkan doa dan impiannya menjadi anggota DPR RI, Suhandi akan berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan hidup pengemudi ojek online di seluruh Indonesia.

“Harapan saya, masyarakat bisa mendukung langkah saya demi terwujudnya transportasi yang lebih baik dengan Undang-Undang Tentang Ojek Online. Saya akan perjuangkan itu,” tegasnya.