Kisah Hafidh, Anak Penjual Mainan yang Raih Nilai 100 di Semua Mapel UN SMA

Oleh Sesar Aji   ·   15 Mei 2019 20:46 WIB   

Ananda Hafidh Rifai Kusnanto (17) meraih nilai sempurna dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019. Siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Surakarta ini memperoleh nilai 100 untuk semua mata pelajaran yang diujikan, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia dan Bahasa Inggris.

Hafidh sendiri seakan tidak percaya bisa mendapat prestasi tersebut, apalagi sejak awal ia tidak pernah memasang target setinggi itu.

“Awalnya yang penting nilanya bagus. Tapi, ternyata setelah melihat hasil nilainya, saya terkejut. Semua total nilainya 400,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas, Selasa (14/5).

Ayah Hafidh, Ahmad Kusnanto sudah meninggal dunia. Semua kebutuhan keluarga bergantung pada sang bu, Supadmi, yang sehari-hari bekerja sebagai penjual mainan di depan SD di kawasan Kartasura.

Karena itu ia juga mengaku tidak pernah mengikuti bimbingan belajar karena tidak ingin membebani orangtuanya.

“Ibu tidak banyak uang. Takut repotin ibu. Jadi, banyak latihan soal saja di rumah sama belajar buku dari sekolah. Itu saya lakukan rutin setiap hari,” jelasnya.

Selepas lulus SMA, Hafidh akan lanjut kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta jurusan Teknik Elektro. Ia sudah diterima melalui jalur undangan bagi siswa berprestasi.