Kenalkan Eman Sulaeman, Kiper Terbaik Dunia yang Punya Satu Kaki

Oleh Pataya   ยท   22 Okt 2018 13:03 WIB   

Eman Sulaeman (30) tidak pernah menduga sebelumnya bahwa ia akan mendapatkan penghargaan. Ia yang terlahir memiliki hanya satu kaki yang sempurna membuatnya tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan, apalagi di bidang olahraga. Namun kerja keras rupanya membawa Eman pada keberhasilan. Pada ajang Kejuaraan Piala Dunia Tunawisma di tahun 2016 dirinya dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Tak hanya itu, sepulangnya ke Indonesia ia kembali diberikan penghargaan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Olahraga, Imam Nahrowi saat momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Stadion Delta Sidoarjo, Surabaya.

Semuanya tidak didapatkan Eman dengan mudah. Dengan kondisinya yang memiliki keterbatasan membuatnya sempat kesulitan karena sepak bola merupakan olahraga yang mengandalkan kaki. Ia kerap kali merasa sakit ketika harus berlari dengan kencang. Karena otomatis ia akan bertopang pada tangannya.

Namun Eman tidak pernah menyerah dan terus berlatih. Kakaknya, Jaja pun selalu memberikan motivasi bagi Eman untuk terus belajar.

Dilansir dari Kompas.com, Eman mengatakan bahwa gurunya ialah sang kakak Jaja. "Kang Jaja selalu memotivasi dan mendidik saya agar tetap bagus bermain bola. Guru saya ya kakak saya." Ujarnya.

Ketika Eman berada di tempat baru, tak jarang orang memandangnya rendah dan kasihan. Namun semakin kesini, ia menanggapi itu dengan santai. Karena menurut Eman motivasi tertinggi adalah ketika ia sudah percaya diri dan tidak minder.