Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) 2017 Berlangsung di Pangkal Pinang

Oleh Aldi   ยท   10 Des 2017 17:15 WIB   

Indonesia menjadi tuan rumah MXGP 2017. Event olahraga ini diharapkan mampu mengangkat sektor promosi pariwisata Indonesia ke pentas dunia.

Indonesia dan Baldasserona dan San Marino jadi tempat penyelenggaraan baru di tahun ini. Sebelumnya, Indonesia juga menggelar balap motocross dunia binaan Federation International de Motorcyclisme (FIM) pada 1997 silam di Bandung.

Pangkal Pinang menjadi salah satu lokasi MXGP 2017 diumumpan pada 5 Maret dulu saat konferensi pers kualifikasi MXGP Thailand. President Youthstream (pemegang hak promosi MXGP), Giuseppe Luongo, menyebut Indonesia akan menggelar MXGP pada 2017, 2018, dan 2019 nanti.

saat ini ada sekitar 30 peserta dari 23 negara ikut dalam dua kelas, yaitu 450 cc, MX2 250 cc. Rencananya pebalap motorcros terbaik dari seluruh dunia bakal ambil bagian seperti Tim Gajser (Slovenia), Antonio Cairoli (Italia), Maximilian Nagi (Jerman) serta croses wanita Livia Lancelo (Prancis), Nancy Van de Ven (Belanda).

Selain mempertandingkan kelas pria, juga dipertandingkan klas wanita yaitu WMX (Womens Motocross Championship). Khusus untuk MX Women ini merupakan seri pertama.

Pangkalpinang merupakan kota terbesar di Pulau Bangka sekaligus ibukota Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Tak cuma ajdi pusat pemerintahan, perdagangan dan ekonomi, Pangkalpinang juga berfungsi sebagai jalur masuk wisata ke Bangka Belitung.

Kota Pangkalpinang menawarkan hamparan pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota Pangkalpinang. Tidak terlalu jauh darinya sekira 2,5 km, dapat Anda kunjungi pula Pantai Tanjung Bunga yang merupakan pantai datar dihiasi serentetan formasi batuan besar.

Untuk mencapai Pangkal Pinang, Anda yang datang dari Jakarta, tersedia penerbangan setiap hari menuju bandara Depati Amir di Pangkalpinang. Kota ini juga dapat diakses dari Palembang. Alternatif lain dari Palembang, Anda dapat mencapai kota ini dengan perjalanan laut melalui Pelabuhan Muntok, di Bangka Barat. Dibutuhkan sekitar 3 jam dengan jetfoil dari Bom Baru Palembang ke Tanjung Kalian di Mentok, Bangka Barat, dan sekitar 3 jam perjalanan dengan bus umum dari Mentok ke Pangkalpinang.