Keji! Orangutan di Aceh Kritis Akibat Diberondong 74 Peluru Senapan Angin

Oleh Sesar Aji   ·   14 Mar 2019 10:33 WIB   

Penyiksaan terhadap orangutan kembali terjadi di Aceh. Seekor induk orangutan ditemukan kritis dengan 74 peluru senapan angin di tubuhnya. Hewan primata tersebut dievakuasi oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dari kebun warga di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Sultan Daulta, Kota Subulussalam, Aceh pada Minggu (10/3).

Saat itu, tim juga mengamankan anak dari orangutan yang kritis tersebut. Namun sayang nyawanya tidak bisa bertahan karena mengalami malnutrisi parah.

“Anak orangutan tersebut dikubur di Sibolangit. Sedangkan hasil pemeriksaan induk orangutan di Sibolangit, ditemukan 73 butir peluru senapan angin,” kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo. Selain itu induk orangutan tersebut juga mengalami luka di punggungnya karena terkena sabetan benda tajam.

Peristiwa itu merupakan yang keempat kalinya terjadi di Aceh sejak tahun 2010 hingga 2019. BKSDA Aceh telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK untuk mengusut tuntas kasus kematian induk dan anak orangutan di Subulussalam tersebut.