Karena Ulah Seorang Dokter, Ratusan Orang Terjangkit HIV di Pakistan

Oleh Enjang Ghozali, Ade Danty   ยท   02 Jun 2019 11:30 WIB   

Sebuah fenomena mengejutkan terjadi di Pakistan baru-baru ini yang membuat hampir semua rumah sakit kewalahan menangani para pasien yang membludak. Bukan karena bencana alam atau keracunan massal, tetapi karena penyebaran virus HIV yang tiba-tiba menghantui warga Ratodero. Sekitar 681 orang dinyatakan positif mengidap HIV dan 537 diantaranya merupakan anak-anak.

Seperti yang diwartakan Reuters pada Jum'at, 31 Mei 2019 kemarin bahwa otoritas setempat menduga bahwa jarum suntik yang digunakan kembali dan transfusi darah adalah penyebab dari mewabahnya virus tersebut. Hal ini akibat dari ulah seorang dokter bernama Dokter Muzaffar Ghangro yang lalai saat melayani para pasiennya. Kepala Polisi Kota Lakarna, Kamran Nawaz mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap dokter yang telah membuat ratusan orang harus menerima penderitaan tersebut.

Salah satu keluarga korban yang paling sengsara adalah seorang buruh yang bernama Imtiaz dimana ia pernah membawa ketiga anaknya ke Dokter Muzaffar dan tak disangka, bukannya sembuh malah ketiga anak-anaknya kini terjangkit virus mematikan itu. Banyak orang tua lainnya yang mengalami nasib yang sama dimana anak-anak mereka terkena virus tersebut padahal para orang tuanya telah diperiksa dan dinyatakan negatif.

Bahkan ada seorang bayi berusia 16 bulan dinyatakan positif HIV. Menurut keterangan dari salah satu dokter yang sibuk menerima pasien yang terjangkit HIV, Dokter Imran Akbar Arbani bahwa korban kemungkinan besar akan bertambah. Bukan hanya ratusan, tapi bisa mencapai ribuan korban.

Pemerintah setempat menaruh perhatian penuh pada kondisi tersebut dan dengan sigap meminta pertolongan ke lembaga kesehatan dunia. Hingga akhirnya saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sudah mengirimkan tim ahli serta 50.000 alat pemeriksaan HIV ke daerah tersebut.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Enjang Ghozali]