Karena Cuitannya ini, Ahmad Dhani Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Oleh Aldi   ยท   29 Nov 2017 11:56 WIB   
Saat ini memang media sosial dapat dijadikan sebuah ujaran kebencian dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tak terkecuali para selebriti-selebriti tanah air yang terkadang juga menyampaikan cuitan-cuitannya yang mengandung ujaran kebencian. Seperti yang dialami Ahmad Dhani yang menjadi seorang tersangka dugaan ujaran kebencian.

Ayah dari Al, El dan Dul ini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian. Dia dinilai telah menyebarkan tweet bernada sarkasme di akun twitternya, @AHMADDHANIPRAST. Menurut Ahmad Dhani, polisi kurang tepat dalam menilai kicauan di akun twitternya. Bahkan dia menilai polisi tidak berani menyebutnya sebagai ujaran kebencian (29/11/2017).

Menurut Dhani, jika tweetnya dianggap mengandung nada sarkasme, seharusnya dia tidak dijadikan sebagai tersangka. Ini lantaran tak ada pasal yang dilanggar terkait dengan hal tersebut.

"KARENA DI DALAM UNDANG UNDANG, BAHASA SARKASTIK TIDAK MELANGGAR PASAL. KALI INI POLISI SOK TAU SOAL PIDANA, Karena memang mereka bukan ahlinya," ujar Ahmad Dhani dengan menggunakan huruf kapital.

Berikut cuitannya:

PARA PEMBELA PENISTA AGAMA ADALAH BAJINGAN YANG PERLU DI LUDAHI MUKA NYA

Ini menurut Polisi Jak Sel di duga melanggar "MENYEBARKAN INFORMASIYANG DI TUJUKAN UNTUK MENIMBULKAN RASA KEBENCIAN ATAU PERMUSUHAN INDIVIDU ATAU KELOMPOK MASYARAKAT TERTENTU BERDASARKAN SUKU AGAMA RAS DAN ANTAR GOLONGONGAN"(Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A ayat 2 )