Kaisar Jepang Akihito Turun Tahta, Pangeran Naruhito Resmi Naik Tahta

Oleh Pataya   ·   01 Mei 2019 12:52 WIB   

Pada Selasa (30/4/19) Kaisar Jepang, Akihito mengumumkan pengunduran dirinya dalam sebuah upacara di Istana. Upacara itu untuk mengenang masa pemerintahannya dan untuk memberikan harapan pada era baru.

Hari ini saya menyelesaikan tugas sebagai kaisar… Sejak naik tahta 30 tahun lalu, saya telah melakukan tugas sebagai kaisar dengan rasa percaya dan hormat yang sangat besar pada orang-orang. Saya menganggap diri saya sangat beruntung dapat melakukan hal itu. Saya dengan tulus mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang menerima dan mendukung saya dalam peran sebagai simbol negara," kata Akihito dalam pidatonya, dikutip dari voaindonesia pada Rabu (1/5/19).



Pemerintahan dari Akihito berakhir tepat pada Selasa tengah malam waktu setempat untuk kemudian era dari kekaisaran baru yang dipimpin putranya akan dimulai pada Rabu dini hari. Naruhito, putra dari Akihito akan secara resmi naik tahta Krisan pada Rabu (1/5/19). Pada sebuah upacara terpisah ia akan menerima "regalia kekaiasaran" atau "Tiga harta karun Jepang" yang terdiri atas pedang Kusanagi, cermin Yata no Kagami dan permata Yasakani no Magatama. Selain menerima regalia kekaisaran, Naruhito juga akan menerima segel sebagai bukti dirinya menjadi kaisar ke-126 di Jepang.