Inilah Sophia, Robot Cerdas Pertama yang Menjadi Warga Negara Arab Saudi

Oleh Citra Orwella   ยท   09 Nov 2017 10:01 WIB   
ArtificialIntellegence (AI) terus berkembang. Baru-baru ini David Hanson dari Hanson Roboticsmemperkenalkan sebuah robot perempuan yang sangat cerdas. Robot yang diberinama Sophia itu diperkenalkandi sela-sela acara KTT Global "AI for Good" di InternationalTelecommunication Union (ITU) di Jenewa, Swiss, 7 Juni 2017 lalu.

Sophia merupakan robot cerdas yang mampu berekspresi dan berbicara sepertilayaknya manusia. Robot cerdas berteknologi terbaru itumampu menjawabpertanyaan dengan lancar dan mengeluarkan ekspresi wajahtersenyum saatberkomunikasi. Sophia juga bisa sedihhingga tertawa. Robot inimemangmemiliki kecerdasan buatan sehingga mampu mengeluarkan gerak-gerik dan ekspresi wajah miripmanusia mulai dari tersenyum, sedih hingga tertawa.

Robot dari HansonRobotic ini terbuat dari silikon paten dan memiliki kemampuan meniru lebih dari62 ekspresi wajah. Sophia juga memiliki mata yang terbuat dari kamera yang dikombinasikan denganalgoritma komputer sehingga mampu merekam dan mengenal berbagai objek yang dia lihat.Sophia, seperti dikutip Spuntiknewsdiciptakan untuk membantu manusia dibidang perawatan kesehatan, terapi hingga melayani pelanggan.

Namun,ada yang mengerikan dari sosok Sophia ini. Dalam uji coba yang pernah David Hansonlakukan beberapa tahun lalu, Hanson mengajukan serangkaian pertanyaan yang salah satunya bernadamenakutkan. "Apakah Anda ingin menghancurkan manusia? Silakan mengatakantidak.. Namun jawaban Sophia sungguh mengejutkan. Sophia menjawab, "Ok,saya akan menghancurkan umat manusia."