Inilah Penampakan Dahsyatnya Angin Tornado di Laut Cirebon

Oleh Aldi   ยท   30 Nov 2017 23:30 WIB   
Yang kita ketahui angin tornado hanya terdapat di luar negeri, khususnya Amerika yang kerap dilanda badai tornado tersebut yang sangat mengerikan. Beruntungnya di Indonesa tidak ada angin tornado. Namun baru-baru ini video penampakan tornado di laut Cirebon, Jawa Barat, menjadi viral di media sosial (medsos).

Melansir detikcom, Kemunculan dahsyatnya pusaran tornado itu terjadi pada Rabu (29/11) kemarin, sekitar pukul 15.10 WIB. Prakirawan BMKG Jatiwangi Majalengka Ahmad Faizin menjelaskan peristiwa yang berlangsung di laut Cirebon itu ialah fenomena alam puting beliung.

Cirebon termasuk wilayah tugas BMKG Jatiwangi Majalengka. Fazizin mengatakan angin puting beliung itu disebabkan awan kumulonimbus dengan ketinggian rendah. Dukungan kondisi lingkungan sekitar, menurut dia, menjadi salah satu faktor lainnya. Seperti tekanan udara yg lebih rendah dan suhu udara yang turun secara signifikan.

Dalam video tersebut memang terlihat angin tornadi dengan sangat jelas. Masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan terkini informasi cuaca. Karena memang saat-saat ini cuaca sedang sangat ekstrim. Video penampakan tornado di laut Cirebon menjadi viral di medsos. Warganet heboh dengan kemunculan tornado tersebut.