Inilah 6 Mitos dan Fakta tentang Gerhana Bulan

Oleh Nur Lella   ยท   28 Jul 2018 12:35 WIB   

Pada akhir pekan ini, penduduk bumi akan disuguhkan fenomena alam yang sejatinya sudah tak asing lagi, yakni gerhana bulan total.

Gerhana bulan total tersebut bakal berlangsung pada 28 Juli 2018 malam ini. Gerhana yang bernama "Micro Blood Moon" ini juga diklaim sebagai gerhana bulan total terlama di abad ke-21. 

Namun dibalik kemunculan gerhana bulan, di masyarakat kita masih banyak yang mempercayai terkait mitos dan fakta tentang gerhana bulan. Apa saja? simak ulasannya di bawah:

1.Menonton Gerhana bulan tidak berbahaya bagi mata, tetapi menonton gerhana matahari bisa merusak retina. Jadi, tidak perlu memakai kacamata hitam saat melihat gerhana bulan.

2. Menurut mitos ibu hamil harus selalu membawa gunting dan jarum saat gerhana, tapi menurut penelitian itu tidak berdampak. 

3Ada juga yang menyebutkan saat gerhana bulan anak yang dilahirkan akan cacat tapi teori ilmiah tidak pernah mengungkapkannya.

4. Gerhana bulan sering dikaitkan dengan dampak kesehatan mental, namun sebenarnya gerhana bulan bisa mempengaruhi mood, karena tekanan darah dari riteme jantung yang cenderung naik saat gelombang laut lebih tinggi dari biasanya. 

5.Menyiapkan obat nyamuk. Karena peneliti mengatakan akan ada jenis nyamuk yang muncul saat gerhana. 

6. Bulan tidak bersinar terang. Jadi tetap waspada ketika membawa kendaraaan.