Hore! Warga Kuba Akhirnya Dapat Mengakses Internet HP Mereka

Oleh Yaya Jarkasi, Ade Danty   ยท   06 Des 2018 12:45 WIB   

Penggunaan internet adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat dunia. Peningkatan akses internet yang semakin mudah terus dikembangkan oleh pemerintah dan jaringan telekomunikasi setiap negera demi kenyamanan warganya.

Di tanah air sendiri, kemudahan mendapat jaringan internet sangat pesat perkembangannya. Mulai dari maraknya fasilitas warung internet, wifi perkantoran, rumahan, dan tempat umum, hingga penggunaan data internet di ponsel dalam beberapa tahun belakangan ini terus dipermudah. Tapi, ditengah masyarakat dunia bersenang-senang dengan akses internet yang mudah, ada sebuah negara yang ternyata masih belum bisa menikmatinya.

Adalah Havana, Kuba yang mana warganya baru di tahun 2018 ini dapat menikmati layanan internet di ponsel mereka. Dikabarkan tepat hari ini, Kamis 6 Desember 2018, perusahaan telekomunikasi negara ETECSA akan meluncurkan layanan 3G di negara tersebut. Presiden Miguel Diaz-Canel memastikan hal ini sejak Oktober lalu melalui cuitan di twitternya. Miguel Diaz-Canel menyatakan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan jaringan internet dan yakin bahwa hal ini dapat membantu perekonomian. Negara yang tercatat memiliki penduduk yang menggunakan ponsel sebanyak 11,2 juta jiwa itu merupakan negara terakhir yang belum menerapkan akses internet berbasis mobile seperti yang dilaporkan oleh The Independent.

Meski akses internet mobile akan diluncurkan, namun kabarnya hal ini tidak berpengaruh pada seluruh masyarakat karena harga data internet sangat mahal. Masyarakat Kuba sebagian besar kemungkinan masih akan memilih kafe internet atau wifi di ruang publik meski jaringannya sering tidak baik dibanding harus membeli data seharga 7 dollar AS atau Rp 100.800 untuk data 600MB dan 30 dollar atau Rp 431.900 untuk data 4GB. Hal ini dikarenakan rata-rata penghasilan masyarakatnya hanya 30 dollar per bulan.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Yaya Jarkasi]