Heboh Serangga 'Invasi' Masjidil Haram, Tempeli Jemaah yang Sedang Ibadah

Oleh Sesar Aji   ·   12 Jan 2019 19:45 WIB   

Ribuan ekor jangkrik beterbangan dan betebaran di kawasan Masjidil Haram sejak hari Selasa (8/1) lalu. Fenomena aneh tersebut merupakan yang pertama kali terjadi di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi.

Departemen Perlindungan Tumbuhan Fakultas Pangan dan Ilmu Pertanian Universitas King Saudi memperkirakan ada lebih dari 30.000 ekor jangkrik yang menginvasi Mekkah. Menurut penelitan, serangga kecil berwarna hitam itu termasuk dalam klasifikasi famili/keluarga Gryllus.

Meski jangkrik-jangkrik tersebut tidak berbahaya bagi manusia, namun keberadaannya dikhawatirkan dapat mengganggu prosesi ibadah para jamaah di Masjidil Haram. Sebanyak 22 tim yang terdiri dari 138 personel dan 111 perangkat diturunkan oleh pemerintah untuk membasmi serangga.

Hingga kini belum diketahui pasti darimana sumber munculnya ribuan jangkrik itu, namun diduga berasal dari Semenanjung Arab dimana terdapat bisnis budidaya jangkrik untuk pakan burung.

“Ini bisa menjadi insiden dimana satu penangkaran telah melarikan diri dan menyebar dalam jumlah besar,” ujar Dr Jacky Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati terestrial di WWF dan Emirates Nature.