Hati-hati, Restoran di Malaysia Ini Beri Denda untuk Pelanggan yang Arogan

Oleh Yaya Jarkasi, Ade Danty   ยท   17 Nov 2018 09:43 WIB   

Sifat arogan dan seenaknya di tempat umum memang sering kali bisa kita temui dimana pun kita berada. Orang-orang kadang tidak menyadari bahwa perilaku mereka itu mengganggu atau membuat orang lain risih. Namun, di negeri Jiran, Malaysia ada sebuah yang restoran yang memiliki kebijakan yang bisa membuat orang sadar akan perilaku buruk mereka itu.

Restoran Piao Xing Claypot Chicken Rice di Johor Bahru menjadi pemberitaan hangat di media sosial lantaran membuat aturan denda bagi pelanggan mereka yang mengganggu kenyamanan pelanggan lain. Bagi pelanggan yang gaduh akan dikenakan denda sebesar 10 ringgit atau 35.000 rupiah.

Resto tersebut tidak memegang prinsip 'Pelanggan selalu benar' bahkan juga dengan tegas memberikan harga berbeda tergantung perilaku pelanggannya. Hal ini biasanya berkaitan dengan pelanggan yang arogan dan mudah tersinggung serta tidak sopan. Tak sampai disitu, tulisan-tulisan bernada sarkasme terpampang jelas di resto tersebut guna menyadarkan pelanggannya.

Misalnya saja tulisan, "Orang normal berkontribusi dalam aktivitas amal. Orang idiot berkontribusi dalam peningkatan pengemis. Apakah Anda normal?". Ada juga, "Harga dapat berubah sesuai dengan sikap pelanggan".

Kabar ini pertama kali diunggah oleh seorang blogger di akun facebooknya yang kemudian jadi viral. Blogger bernama Jonathan Teoh tersebut memuat beberapa foto yang menunjukkan tulisan-tulisan kebijakan bernada sarkasme dari resto tersebut. Unggahannya kemudian dibagikan oleh lebih dari 6.000 orang dan juga mendapat ribuan 'like'.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Yaya Jarkasi]