Hanya karena Balas Pakai Emoji 'Ok', Seorang Karyawan Dipecat

Oleh Enjang Ghozali, Ade Danty   ยท   21 Jun 2019 08:11 WIB   

Kebiasaan yang sering kita lakukan saat melakukan chatting adalah dengan membalas pesan menggunakan emoji yang tersedia di aplikasi yang sering kita gunakan setiap hari. Adakalanya kita lupa untuk membedakan dengan siapa kita membalas pesan tersebut.

Naasnya, seorang karyawati yang menolak disebutkan namanya asal China yang bekerja di sebuah Bar di Changsa, provinsi Hunan, harus kehilangan pekerjaannya karena membalas pesan dari atasanya dengan menggunakan emoji.

Peristiwa tersebut terjadi saat seorang manajer sebuah Bar di Changsa meminta kepada karyawannya melalui pesan Wechat untuk mengirimkan dokumen dalam rapat. Karyawan tersebut membalas oke dengan emoji.

Diluar dugaan beberapa menit kemudian manajer tersebut membalas chat karyawan tersebut dengan tulisan "Sebagai seorang karyawan yang baik anda harus membalas chat dengan benar menggunakan kalimat bukan menggunakan emoji. Apakah anda paham akan peraturan tersebut. Apakah anda tau bagaimana cara membalas pesan yang anda terima."

Kemudian manajer tersebut mengarahkan agar karyawan tersebut menemui HRD untuk mengurus surat pengunduran dirinya. Tidak ada dalam bayangan karyawan tersebut bahwa karirnya berakhir dengan hal yang sangat konyol. Namun dia mengaku tidak akan membalas perlakuan manajer tersebut.

Hal ini menjadi pelajaran yang sangat berharga baginya. Banyak dukungan dan perhatian dari netizen. Semoga karyawan tersebut dapat melanjutkan karirnya, dan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Berbagai tanggapan kemudian muncul saat kisah tersebut viral di media sosial Weibo.

Salah satunya dari Wang Li ping, profesor di Renmin Business School yang menganggap bahwa ini adalah alasan yang termasuk sembarangan untuk memecat karyawan. Mungkin hal tersebut terjadi di perusahaan kecil atau menengah yang tak memiliki aturan yang jelas mengenai situasi seperti diatas.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Enjang Ghozali]