Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar Sejauh 300 Meter Tadi Malam

Oleh Sesar Aji   ·   17 Des 2018 16:58 WIB   

Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar pada hari Minggu (16/12) malam sekitar pukul 19.08 WIB. Guguran lava yang keluar dari puncak Merapi terlihat mengarah ke bukaan bawah yang berada di sebelah tenggara.

“Yaitu hulu kali Gendol dengan jarak luncur 300 meter. Saat ini intensitas guguran masih rendah,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida kepada Republika.

Menurut Hanik, fenomena munculnya guguran lava di gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta itu merupakan peristiwa alam biasa yang terjadi pada gunung berapi.

"Saat Gunung Merapi mengalami pertumbuhan kubah lava, tentunya pada saat ada magma yang muncul ke permukaan maka ada bagian yang gugur ke satu kawah," ujar Hanik. Sebelumnya pada bulan November lalu gunung yang memiliki tinggi 2.930 mdpl itu juga mengeluarkan lava.

Maka itu pihaknya menghimbau warga untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Namun, untuk radius tiga kilometer dari puncak merapi masih diminta untuk dikosongkan dari penduduk.