Gulat Wanita Warnai Acara Angkat budaya Dusun Bongso Wetan Gresik

Oleh Junaedi, B K   ยท   25 Sep 2017 10:44 WIB   

Gulat tradisional ( Okol )di kampung Bongso Wetan, Desa Pengalangan Kecamatan Menganti, Gresik yang digelar hari ini, Minggu 24/9/17. Bisa dibilang suatu pertandingan olahraga yang unik dan sensasional.

Yang membuat decak kagum adalah para peserta kontestan dari gulat atau Okol itu sendiri. Dimana para pesertanya adalah terdiri dari berbagai macam kalangan dan usia, mulai dari Anak-anak, Dewasa bahkan Peserta Perempuan.

Cara bertanding dari Okol itu sendiri bisa dibilang suatu pertandingan olahraga yang savety (aman). Selain melibatkan banyak "belandang " atau wasit sebagai juri penilai. Belandang tersebut juga diposisikan sebagai pengaman para peserta pertandingan apa bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang terlihat didalam Vidio, nampak jelas peserta gulat adalah perempuan, yang berusaha saling membanting antara satu dan lainnya. Pertandingan gulat tersebut hanya berselang 2 ronde dengan finisnya ialah dapat membanting sang lawan sampai jatuh.

Wongso Negoro, salah satu panitia penyelenggara Olahraga ketangkasan yang bernuansa adat dan penuh kearifan lokal itu menjelaskan, bahwa Gulat atau Okol tersebut adalah tradisi turun-temurun yang telah diwariskan oleh leluhur atau para pendahulu Desa.

"Pertandingan Okol ini adalah adat dan tradisi yang diwariskan oleh para leluhur atau para pendahulu kampung, tujuannya bukanlah mencari permusuhan atau pertengkaran, melainkan menjalin dan mempererat persahabatan" jelasnya.

Terhitung setiap tahunan warga Dusun Bongso Wetan menggelar pertandingan gulat, sebagai Wahana angkat budaya, sekaligus ruwatan kampung, yang oleh warga biasa disebut sebagai "sedekah bumi"

Sedekah Bumi atau selamatan desa adalah bentuk rasa sukur para warga desa akan hasil bumi yang telah dipanen sekaligus difungsikan sebagai ruwatan bagi Desa ( ngeruwat desa) dengan cara membuat beraneka macam tumpeng.

Ruwatan berbentuk sedekah tersebut dipercaya oleh sebagian warga mampu menjauhkan dari balak dan musibah terhadap kampung dan juga seluruh keturunan anak Cucu dari warga desa yang  sekarang tersebar di lain Daerah.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Junaedi]