Diresmikan Jokowi, Begini Penampakan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya

Oleh Sesar Aji   ·   09 Apr 2019 12:11 WIB   

Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandar Udara Tjilik Riwut di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Senin (8/4) kemarin. Presiden datang dengan didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhub Budi Karya Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Dengan adanya terminal baru ini, presiden berharap perekonomian masyakarat Palangkaraya dan sekitarnya semakin berkembang pesat apalagi dalam lima tahun terakhir pertumbuhannya tercatat positif.

“Dengan adanya terminal bandar udara baru ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, karena pertumbuhan jumlah penumpang serta pengiriman barang melalui jasa udara juga semakin meningkat pesat,” ujar Jokowi.

Dibangun dengan menggunakan dana APBN sebesar 700 milyar rupiah, luas Bandara Tjilik Riwut naik enam kali lipat dari awalnya hanya 5.000 meter persegi kini menjadi 29.124 meter persegi. Dampaknya sekarang bandara dapat melayani hingga 2.200 pengguna jasa penerbangan setiap harinya, jauh dibandingkan dengan dulu yang hanya bisa menampung 600 orang.